"Wahai orang-orang yang beriman!Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu-Muhammad:7"

Senin, 27 April 2015

Yang Terasing

Seberapa besar pengaruh doktrin orang lain kepada mu tergantung seberapa besar pengaruhnya ia bagimu. Meski ini tak menampikkan segala kekurangan yang ada, atau juga tidak mengabaikan apa yang Ali bin Abu Thalib pesankan perihal mendengar APA yang disampaikan , bukan SIAPA yang menyampaikan.

Cerita indah berbalut kekuatan dan ruh semangat perjuangan. Adalah mereka, Para Ghuraba' yang memantapkan hati dan menguatkan langkah dakwah dan jihad. Berat. Berdarah. Tapi sesekali memahami hakikat hidup dan kehidupan, tak ada tawar menawar untuk meninggalkan apa yang sudah "dibeli". Adalah Aku, yang pernah pada titik merasa "penasaran" terhadap perjuangan ghuraba. Barangkali disaat itu semangat sedang menggebu, darah mudah sedang memancar sejadi jadinya (meski saat ini masih tetap muda dan semangat:D).

Tapi perjuangan tak butuh hanya sekedar semangat, Mel... Hingga pada suatu hari, aku nyatakan kepada salah satu ghuraba yang ada dihadapanku, "Wahai guru, sungguhpun nanda menginginkan menjadi bahagian dari al-ghuraba'. Adakah diri ini mampu merasai segala perjuangannya kembali?" Lalu , ia berpesan dg doktrinyang hingga hari ini aku pegang dan didekapkan ke dada agar lebih membersamai langkah; "Insyaa Allah nanda. Jalan ini menyerupai lingkarang obat nyamuk.Semakin kedalam semakin mendekat dengan inti. Istiqomahlah. Istiqomahlah hingga kau benar-benar berada dalam inti perjuangan ini. Sebab bagi yang tidak kuat, tidak sabar, bisa saja ia sudah hangus terbakar atau patah ditengah jalan. Istiqomahlah"
Maka hari ini aku berhitung, sudah berada dilingkaran keberapakah aku untuk mendekati inti perjuangan ini? Tak ada yang tahu. Toh pada akhirnya ia hanya kiasan. Yang bisa kau upayakan hanya terus, terus, dan terus berjalan. Tak peduli sebesar apapun lingkaran yang akan kau lewati nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar