"Wahai orang-orang yang beriman!Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu-Muhammad:7"

Kamis, 17 September 2015

Jangan sholat karena ingin khusyu’, tapi...

Jangan sholat karena ingin khusyu’, karena jika khusyu’ yang kau tuju, dimana posisi Allah sebagai Dzat yang diharapkan keridhaanNya? Sholatlah untuk mendapat keridhaan Allah, Rabb Azza wa Jalla, sebab setelah khusyu’ pun, ada ikhlas lillahita’ala yang harus diupayakan (Ustd.Idris Al Hafidz)

Untuk khusyu’, bukan tentang seberapa banyak air mata yang berjatuhan saat sujud dan ruku’mu, tapi saat kau mampu menjauhkan diri dari maksiat, dari sholat yang satu menuju sholat berikutnya (Lapis-Lapis Keberkahan)

Bahkan tak disangka, Imam An-Nawawi mengatakan dalam ulasan Al-Wafi nya; jihad melawan hawa nafsu dan syahwat serta mengarahkannya untuk meninggalkan segala yang Allah larang, lebih besar pahalanya daripada mengerjakan amalan-amalan fardhu.
Menurut saya, ia berhubungan dengan JANNAH, bahwa ia diraih bukan karena ibadah fardhu dan sunnah yang kita kerjaan-sebab semua memang tak seberapa, kecil, lagi tak cukup sebagai penebus FIRDAUS, tapi Jannah diraih karena RIDHA ALLAH semata. Maka apa-apa yang kita lakukan, amalan-amalan ini dan itu hanya sebagai perantara untuk menggapai ridha Allah, ngga lebih.

Dzikirmu memang istimewa,
Rapinya aurat mu yang tertutup memang kewajiban yang harus dipenuhi,
Atau Dhuha mu memang amalan sunnah yang juga diutamakan,

Tapi semua juga tak berarti apa-apa jika Allah tiada meridhai segala sisi jasad dan ruh mu.

“Mardhatillah, Ya Rabb”- Thufail Al-Ghifari

Lalu sambung Umar bin Abdul Aziz, masih dalam Al-Wafi di bab yang sama, bahwa TAQWA bukan tentang sholat malam atau puasa disiang harinya, atau perpaduan keduanya, melainkan meninggalkan segala yang Allah larang dan menjalankan segala yang diperintahkan. Pun setelah itu jika melakukan amalan, sungguh ia adalah perpaduan kebaikan setelah kebaikan.

Adapu KHUSYU', setelah ikhlas karena Allah serta mencari ridhaNya, ia akan datang dengan sendirinya. Percayalah:)

Selamat makan siang
PKPU Bukittinggi 17 September 2015
13:17


Tidak ada komentar:

Posting Komentar